H o m e > Profil Sekolah

 
 
 
 
 
 
 
 

Profil Sekolah

 

Sekilas Jejak SMA SANTO ANTONIUS
 
Menyusur jejak SMA Santo Antonius Jakarta tidak lepas dari awal keberadaan Yayasan Santo Antonius Bidaracina. Yayasan ini berdiri secara hukum tahun 1972, bergerak dalam bidang pelayanan pendidikan (SD - SMP dan SMA Antonius), dan Kesehatan. Yayasan Santo Antonius Bidaracina merupakan Yayasan milik Paroki Santo Antonius Padua dan dibawah asuhan Pastor-pastor SCJ. Terlalu jauh, jika kita menelisik dari cikal bakal Yayasan ini dari tahun 1946, ketika Romo Kusters, SJ, berkarya di Paroki Santo Antonius Padua dan mendirikan Partikuler Algere School (sekolah Dasar).

SD dan SMP Santo Antonius yang sudah lebih dahulu ada menempati lokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata 76A Bidaracina, bertetangga dengan TK, SD dan SMP Santo Vincentius. Hal ini menggugah panggilan para pengurus Yayasan dan umat paroki Santo Antonius untuk mendirikan SMA guna menampung murid-murid lulusan SMP. Dengan daya dan usaha, serta tentu saja tidak luput dari campur tangan Tuhan, berdirilah sebuah gedung berlantai 4 di atas tanah seluas 4.335m di Jalan Mayjen DI. Panjaitan Kav. 46 Rawa Bunga, Jatinegara Jakarta Timur.

SMA Santo Antonius mulai menerima siswa baru pada tahun ajaran 1987-1988. Sesuai dengan izin penggunaan bangunan untuk Yayasan Santo Antonius dengan no. 1396/IPB/1987 tanggal 20 Juli 1987. Kepala SMA Santo Antonius yang pertama adalah Drs. F. Soetrisno, mantan Kepala Kanwil Depdikbud Provinsi Irian Jaya. Hingga saat ini sudah beberapa kali terjadi pergantian.

Tahun 2002 terjadi proses pergantian kepemilikan Yayasan Santo Antonius Bidaracina dari paroki ke kongregasi Imam-imam Hati Kudus Yesus (SCJ). ECCE VENIO dan ECCE ANCILLA merupakan ungkapan yang dijadikan motto bagi pastor-pastor dari kongregasi SCJ. Kedua istilah dalam satu kesatuan tersebut menjadi daya penggerak semangat kongregasi untuk SCJ, Ini aku datang untuk melaksanakan kehendak-Mu dan setia melaksanakan tugas pelayanan”.

 

 

 

Submenu

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
SMA SANTO ANTONIUS JAKARTA

Pilihan Bahasa